/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]

Arsitektur Desain Bali Modern, Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Villa di Bali, apakah yang terbayang di benak anda ketika mendengar atau membaca kalimat tersebut? Jika anda yang pernah menginap atau berkunjung ke sebuah villa di Bali, mungkin yang terbayangkan adalah suasana tropis yang asri, suara gemericik air kolam, pemandangan sawah hijau yang menghampar luas, atau pemandangan laut lepas samudera Hindia malam hari yang eksotis dari kamar tidur anda. Ya, villa di Bali memang sudah sangat terkenal di mancanegara dengan suasana dan pemandangan yang menakjubkan juga dengan keramahan staffnya yang bersahabat membuat anda merasa bak tamu VIP.

Atau, anda juga bisa membayangkan suasana Villa Bali dengan menyimak video berikut ini:

Sumber : Alila Hotels

Villa di Bali umumnya menggunakan filosofi arsitektur Bali modern. Jika anda menyempatkan mampir di website kami dan melihat-lihat portfolio desain kami, tentunya anda akan menemui gaya desain / arsitektur yang berbeda dari gaya-gaya arsitek dan desain di Jakarta kebanyakan. Kebanyakan gaya desain yang akan anda temui di Jakarta beraliran minimalis modern, klasik, dan lainnya. Namun, kami memiliki gaya desain / arsitektur beraliran Bali Modern, tepatnya Bali Tropis Modern yang banyak mengadopsi gaya Villa di Bali. Di postingan kali ini, kami ingin membagikan mengenai apakah yang dimaksud dengan desain Bali modern tropis dan penerapannya pada desain-desain kami.

Arsitektur Bali dan Bali Modern

Arsitektur Bali adalah arsitektur yang diwariskan secara turun temurun di Bali. Arsitektur Bali Modern, yang merupakan gabungan antara arsitektur Bali dengan penambahan unsur modern, adalah gaya arsitektur vernakular dimana arsitek atau pembuat desain memanfaatkan bahan-bahan lokal untuk membangun bangunan, struktur, dan rumah-rumah, serta mencerminkan tradisi lokal. Bahan yang biasa digunakan di rumah-rumah dan bangunan Bali termasuk batu bata, kayu kelapa, jerami atap, bambu, kayu jati, batu alam. Banyak rumah di Bali dan villa mewah menggunakan filosofi yang nyata dari arsitektur Bali. Menggunakan alam secara optimal untuk menciptakan bangunan buatan dengan suasana santai dan tropis, rumah Bali dan villa Bali menyediakan hunian yang selaras dengan lingkungan.

Meskipun saat ini pada umumnya menggabungkan gaya tradisional dan modern dalam arsitektur di rumah Bali modern dan vila pribadi, arsitek Bali masih menempatkan filosofi arsitektur Bali sebagai prioritas utama. Ada beberapa filosofi Arsitektur Bali, namun salah satu yang kami adopsi saat ini adalah filosofi rumah memiliki kepala badan kaki menyerupai manusia.

Desain-Villa-340-m2-B-Jasa-Arsitek-Jakarta-WM

Yang dimaksud Kepala adalah atap bangunan, Badan adalah badan bangunan dan Kaki adalah peninggian bangunan yang kita buat dan kolom-kolomnya. Selain itu arsitektur Bali identik dengan penambahan ornamen seperti ukiran, patung dll pada bagian-bagian rumah seperti atap dan kolom-kolomnya. Adopsi modern pada arsitektur Bali ini utamanya ada pada pengurangan atau penghilangan ornamen ukiran dan penggunaan batu alam yang disesuaikan dengan daerah tempat rumah akan dibangun.

Desain bali dengan unsur modern ini memiliki kelebihan, dimana tidak semua orang akan menyukai gaya bali Desain rumah bali tradisional. Adopsi Desain Bali modern juga dapat terlihat dari fasadnya yang menggabungkan gaya minimalis. Untuk unsur tropisnya, kami mengadopsi gabungan unsur batu alam, kayu dan kaca dengan bukaan lebar. Tujuannya adalah agar pencahayaan dan pengudaraan maksimal untuk tiap ruangan sehingga harapannya penggunaan AC dapat diminimalkan. Unsur tropis juga bisa kita lihat dari penggunaan atap tritisan, atap yang identik digunakan pada arsitektur tropis.

 

Aplikasi gaya Bali Modern secara spesifik pada tiap bagian rumah

Berikut adalah beberapa aplikasi desain Bali Modern pada desain-desain kami:

Atap

atap desain bali modernAplikasi Atap Limasan

Pada atap kami lebih banyak memakai atap dengan bentuk limasan, sesuai dengan desain bali dan desain tropis yang banyak memakai limasan. Untuk kemiringan atap berkisar antara 35 derajat sampai 60 derajat. Untuk sisi adopsi gaya modern pada atap, ornamen Bali yaitu murda dan ikut celedu dihilangkan pada bentuk atap ini. Jadi bentuk atap menjadi lebih simpel dibandingkan dengan gaya Bali tradisional.

Leheran

leheran desain-bali-modernAplikasi Leheran

Adopsi Leheran adalah untuk estetika dan pelengkap atap. Sesuai badan manusia pada filosofi arsitektur Bali, maka diantara kepala dan badan ada leher.

Badan bangunan

Di badan bangunan kami memasukkan unsur batu alam seperti halnya arsitektur tradisional tapi tidak murni gaya Bali. Untuk gaya Bali tradisional batu alam yang digunakan batu paras, batu bata, dan batu karang. Pada aplikasinya kami membuatnya lebih modern menjadi andesit, serai, palimanan. Untuk batu alam sendiri sesuai lokal, untuk khusus di Jakarta dan luar Bali kami lebih banyak menggunakan pasangan andesit karena batu ini relatif mudah dijumpai.

batu alam desain-bali-modernAplikasi Batu Alam (Andesit) pada Badan Bangunan

Pepalihan, atau bisa dikatakan profilan pada badan bangunan fungsinya untuk mempercantik dan sebagai unsur bali yang menyimbolkan buana agung ( makrokosmos), alam tengah dan mikrokosmos sesuai filosofi Tri Angga (selengkapnya disini). Terdapat beberapa bagian yaitu bagian besar dan bangian yang kecil dengan ukuran setengah dari yang besar.

pepalihan desain-bali-modernAplikasi Pepalihan

Ornamen berupa ukiran paras agar unsur Bali lebih kental dan terasa

ornamen ukiran desain-bali-modernAplikasi Ukiran

Angkul – angkul adalah pintu masuk khas bangunan bali, yang bentuknya telah dibuat lebih modern dan simpel dibandingkan angkul-angkul pada desain Bali tradisional.

angkul-angkul desain-bali-modernAplikasi Angkul-Angkul

Pilar / Saka, sebagai simbol kaki yang kokoh.  Biasanya terdiri dari kayu diatas dan batu di bagian bawahnya sebagai penopang kayu.

pilar saka desain-bali-modernAplikasi Pilar/Saka

Untuk interior, diterapkan penebalan ornamen batu alam seperti misalnya di belakang rak TV atau penambahan ukiran-ukiran pada interior lainnya seperti dining dan living room.

interior ukiran desain-bali-modernAplikasi ornamen pada Interior

Demikian artikel kami kali ini mengenai Arsitektur Desain Bali Modern, Semua Yang Perlu Anda Ketahui . Jika anda menginginkan sebuah rumah idaman bernuansa seperti Villa di Bali, maka kami akan membantu untuk mencapai keinginan anda. Hal itu juga sesuai dengan salah satu filosofi dari desain Arsitektur gaya Bali yaitu terciptanya keselarasan dan keseimbangan dengan alam sekitar. Akhir kata, jika anda berminat mengetahui lebih jauh mengenai jasa desain kami anda bisa mengunjungi halaman portfolio kami dan prosedur jasa desain berikut.

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *