/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]

desainrumah.re

Dinding berbahan kayu saat ini tidak hanya sebatas ditemui pada rumah tradisional, namun sudah banyak digunakan pada rumah modern dan rumah klasik karena fungsinya yang dapat digunakan sebagai bentuk dekorasi. Kayu yang dipasang pada dinding akan memberikan kesan alami dan elegan, serta memberikan kesan hangat pada ruangan rumah, ditambah dengan warna alami dari kayu yang menambah suasana interior. Selain terkesan alami, penggunaan kayu pada dinding akan lebih mudah dikerjakan dan dapat diatur sesuai selera, bobot dari kayu yang ringan akan memudahkan dalam segi desain dan bentuknya.

            Namun, perawatan dinding berbahan kayu akan relatif susah dikarenakan kayu memiliki beberapa kekurangan, seperti : kayu mudah lapuk karena hujan dan paparan sinar matahari yang panas, kayu juga mudah terserang rayap, kayu mudah ditumbuhi jamur dalam kondisi lembab dan dapat memberikan noda bercak-bercak serta aroma yang tidak sedap, kayu memiliki sifat yang berubah akibat cuaca (mengembang dan menyusut), serta tidak tahan terhadap api dan mudah terbakar.

Cara Merawat Dinding Kayu (Sumber : rooang.com)

Cara Merawat Dinding Kayu (Sumber : rooang.com)

Dinding berbahan kayu jika tidak dilakukan perawatan maka akan memberikan kesan kusam dan bercak-bercak karena debu dan jamur yang menempel. Berikut beberapa tips yang dapat anda jadikan referensi dalam merawat dinding berbahan kayu:

  1. Selalu bersihkan dinding kayu dari debu yang menempel dengan alat pembersih yang lembut, bersihkan sudut-sudut dinding berbahan kayu sehingga terhindar dari sarang laba-laba dan debu yang ada.
  2. Usahakan seminggu sekali memoles dinding berbahan kayu dengan obat cairan furniture polish agar kelembaban dapat terjada serta dinding kayu tetap mengkilat secara alami.
  3. Hindari goresan dan lubang pada kayu akibat tancapan paku.
  4. Usahakan tidak terdapat titik basah karena jika dibiarkan akan membuat kotoran mudah menempel dan memberikan bekas.

Apabila dinding berbahan kayu mulai terlihat kusam dan susah untuk dibersihkan, anda dapat melakukan coating ulang dengan bantuan tenaga profesional sehingga terhindar dari kerusakan kayu.

 

Lihat juga portfolio desain rumah kami dengan gaya Bali modern

 

Sumber:

http://www.tipsrawatrumah.com/2013/05/tips-merawat-dinding-kayu.html

http://www.tipsrawatrumah.com/2013/05/dinding-kayu-bisa-kita-temui-pada-rumah.html