/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]
Roof Garden

Roof Garden

Konsep Roof Garden atau Taman Atap mulai dilirik banyak kalangan karena mampu menciptakan taman tanpa mengkhawatirkan lahan yang cukup luas, karena roof garden biasanya berada di atap bangunan atau rumah. Dengan adanya roof garden, anda tak perlu khawatir rumah anda tak terlihat hijau jika memiliki lahan yang tidak cukup luas, selain itu penggunaan roof garden dengan dekorasi taman dan kursi yang selaras akan memberikan pemandangan dan ruang refreshing baru di rumah anda.

Manfaat lainnya dari adanya roof garden antara lain erperan penting untuk ruang hijau dan mengatasi pemanasan global, menghambat dan mengontrol laju air hujan yang membahasi bangunan, pelingdung untuk beton agar menjadi lebih awet, bisa dijadikan tempat berkebun, desain dan dekorasi yang tepat akan menambah nilai keindahan bangunan dan peningkatan daya jualnya. Perhatikan beberapa tips dibawah ini sebelum membangun roof garden di rumah anda:

1. Perhatikan Kekuatan Atap
Adanya roof garden akan menambah beban tambahan pada atap rumah anda, sehingga pastikan kekuatan atap anda terlebih dahulu, atap berbahan beton sangat disarankan untuk dijadikan ruang hijau.

2. Gunakan Material Waterproofing
Lapisi beton dengan material waterproofing yang berguna untuk mencegah air merembes ke ruangan yang ada dibawahnya. Selain itu buatlah instalasi air bersih dan kotor untuk menyiram tanaman. Air kotor tersambung dengan tepi terendah dan terhubung dengan pipa air yang menuju resapan di tanah dan ke saluran pembuangan air.

 

Roof Top Konstruksi

Roof Top Konstruksi

 

3. Gunakan Ijuk atau cocopeat
Gunakan ijuk atau cocopeat—sejenis serabut kelapa—di atas dak beton berjajar teratur dengan ketebalan 10cm. Fungsi ijuk untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.

Selain itu untuk menanam tanaman, gunakan tanah merah dan humus dengan kandungan pH berkisar 5-7, Tanam rumput dan tanaman berbunga agar tampilan taman lebih indah. Selain itu anda dapat memasang pagar yang terbuat dari besi, bambu, atau kayu yang kuat dan aman, sehingga roof garden anda terlihat seperti pekarangan rumah.

Sumber:
http://www.urbankompas.com/taman-atap-atau-roof-garden-solusi-penghijauan-rumah-di-lahan-terbatas/
http://www.rumah.com/berita-properti/2014/11/72244/tips-membuat-roof-garden