/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]
Perhatikan Perbedaan Cat Interior dan Cat Eksterior

Perhatikan Perbedaan Cat Interior dan Cat Eksterior

Cat memiliki fungsi untuk melindungi dan memperindah permukaan bahan. Saat ini cat tersedia dengan berbagai merk, pilihan warna, dan berbagai kualitas. Namun, anda tidak bisa sembarang memilih cat. Anda perlu mengetahui bahwa terdapat jenis cat interior dan cat eksterior yang memiliki beberapa perbedaan, terutama pada fungsinya.

Cat Interior

Cat interior yang umumnya diaplikasikan pada bagian dalam rumah memiliki fungsi lebih dalam menonjolkan aspek estetika dengan dukungan warna dan tekstur cat. Cat yang diperioritaskan untuk bagian interior rumah tidak dapat digunakan untuk cat pada ekterior rumah, hal ini disebabkan oleh daya tahan cat terhadap cuaca. Cat interior juga mudah untuk dibersihkan, anti jamur, tidak mudah keropos, tahan terhadap rembesan air, serta memiliki daya rekat yang tinggi. Bahkan cat interior saat ini dapat ditambahkan dengan pengharum ruangan. Cat interior biasanya terbebas dari kandungan logam berat dan bahan beracun lainnya, namun bergantung kepada kualitas.

Cat Eksterior

Sedangkan cat eksterior yang pada umumnya diaplikasikan pada bagian luar rumah, memiliki fungsi untuk melindungi bahan dari cuaca. Cat eksterior pun tidak bisa diaplikasikan pada bagian interior rumah karena kurang sesuai dengan estetika rumah. Ciri cat eksterior lainnya adalah daya tahan cat terhadap sinar UV, tidak mudah menggelembung, anti jamur, tidak mudah pudar. Cat eksterior dibutuhkan dikarenakan keadaan luar rumah yang terpapar langsung dengan sinar matahari dan hujan sehingga dapat membuat dinding mudah retak. Jika terjadi kerusakan pada dinding, maka akan mempermudah rembesan air hujan hingga paparan sinar matahari langsung ke dalam dinding atau tembok bagian dalam, sehingga menimbulkan flek pada dinding dan mudah berjamur. Cat eksterior berbahan dasar air akan lebih murah dari segi biaya dan memiliki daya lengket yang kuat pada dinding, sedangkan cat eksterior berbahan dasar minyak akan memberikan kesan mengkilap pada dinding, mudah dicuci, serta tidak mudah keropos. Cat jenis minyak dapat digunakan pada eksterior maupun interior rumah, terutama di ruang bermain anak yang biasanya mengeksplor diri dengan mencoret-coret dinding, sehingga dengan cat berbahan minyak akan membuat tembok atau dinding mudah dibersihkan.

            Cat memiliki berbagai kandungan, dan biasanya cat dengan kualitas baik tidak terbuat dari bahan-bahan berbahaya, seperti logam berat dan additive. Meskipun harga akan berbeda, namun kualitas cat perlu anda perhitungkan, disamping memperhitungkan warna, tekstur, kelenturan lapisan cat, hingga kemudahan pengaplikasiannya.

Lihat juga portfolio desain rumah kami dengan Gaya Bali Modern

 

Sumber:

http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Eksterior/Fasad/Pilih-Cat-untuk-Interior-dan-Eksterior