/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]

Kamar mandi dengan pilihan bathub memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan, diantaranya dari segi ruang, dimana bathub akan membutuhkan ukuran ruang kamar mandi yang lebih besar agar dapat menampung bathub. Sementara jika kamar mandi tidak berisi bathub, ruangan yang ukurannya lebih besar tersebut dapat dimanfaatkan untuk memuat furniture lainnya. Penggunaan bathub pada kamar mandi juga dapat membuat kamar mandi lebih kering karena air sudah ditampung pada bathub.

Bathub (Sumber : Pinterest)

Bathub (Sumber : Pinterest)

Terkait efisiensi energi, penggunaan bathub dirasa lebih boros ketimbang menggunakan shower. Meskipun ini bergantung pada ukuran bathub serta kedalaman air yang digunakan. Kebanyakan orang menggunakan sekitar 30 galon air untuk mandi, menurut perkiraan industri. Ketika terisi penuh, bak mandi standar berisi 42 galon, tetapi beberapa air akan terbuang sia-sia ketika Anda masuk ke bathub dalam kondisi air penuh. Sehingga disarankan menampung air pada bathub dengan kondisi tidak penuh berisi air. Sedangkan sebuah shower atau pancuran aliran rendah menggunakan sekitar dua galon per menit, atau 20 galon untuk 10 menit. Sebuah pancuran standar menggunakan 2,5 galon menit, atau 25 galon selama 10 menit.

Shower (Sumber : Pinterest)

Shower (Sumber : Pinterest)

Terkait penjualan, penggunaan bathub pada kamar mandi rumah anda ternyata memiliki nilai tersendiri, karena jika rumah anda dijual, sebagian besar orang masih beranggapan bahwa penggunaan bathub pada kamar mandi hal yang wajib sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjualnya.

Sedangkan dari segi aksesibilitas atau kemudahannya, bathub dirasa masih kurang sesuai untuk orang dengan usia senja dimana memanjat masuk kedalam bathub dan keluar merupakan pekerjaan yang sulit bagi orang berusia lanjut atau bahkan penyandang cacat sehingga penggunaan bathub perlu diperhitungkan. Kelemahan lainnya dari penggunaan bathub jika dibandingkan dengan shower adalah dari segi kebersihan, bathub rentan kotor karena posisinya yang terbuka menyebabkan kotoran bisa mudah jatuh dan masuk ke dalam bathub. Mulai dari kotoran hewan cecak, sampai debu bisa saja masuk dan mengotori air bersih yang ada. Shower yang letaknya biasanya digantung dengan ketinggian lebih tinggi daripada penggunanya cenderung lebih bersih dan tidak terkontaminasi karena air yang mengalir tidak ditampung dan keluar jika diaktifkan. Bagaimanapun pilihan anda, selalu pertimbangkan dan bijak dalam penggunaan air.

Sumber:

http://www.ekokurniady.com/2015/04/shower-vs-bak-mandi.html

http://homeguides.sfgate.com/advantages-shower-vs-bathtub-85788.html