/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]
Tips Membuat Taman Bermain Anak (Sumber : {Pinterest)

Tips Membuat Taman Bermain Anak (Sumber : {Pinterest)

Bermain di dalam rumah menjadi salah satu cara agar orangtua dapat memantau dan mengawasi anak dalam bermain. Selain itu, orang tua dapat memanfaatkannya untuk mendekatkan diri kepada anak. Namun, menjadi permasalahan jika bermain didalam rumah menjadi membosankan dan menjenuhkan bagi anak karena permainan yang tidak beragam dan tidak terexplore. Tidak ada salahnya, anda membuat taman bermain sederhana di halaman rumah untuk anak anda, sehingga anda tetap dapat mengawasi anak anda serta melihat perkembangan tumbuh kembang anak. Beberapa tips berikut dapat anda jadikan perhatian ketika ingin membuat taman bermain di rumah

1. Tentukan area yang dijadikan tempat bermain

Penentuan lokasi taman bermain harus menyesuaikan dengan ukuran atau perkiraan jenis permainan yang akan dipasang pada taman, perhatikan keamanan area serta kemudahan untuk dipantau dan dilihat.

2. Memilih permainan sesuai umur anak

Pilihlah jenis permainan yang anda rasa sesuai kemampuan dan dapat mengeksplore kemampuan anak. Anda dapat memasang beberapa dekorasi seperti poster angka-angka yang dapat melatih anak dalam berhitung atau memasang beberapa petunjuk atau tulisan dengan kata dasar bahasa asing agar anak dapat belajar bahasa asing sejak dini.

Memilih Permainan Sesuai Umur Anak (Sumber : Pinterest)

Memilih Permainan Sesuai Umur Anak (Sumber : Pinterest)

3. Perhatikan tingkat keamanan jenis permainan
Pastikan permainan yang akan anda letakkan pada taman bermain tersebut aman untuk anak, baik dalam hal fisik, mental maupun material jenis permainan.

4. Memasang permainan sesuai prosedur
Beberapa permainan anak mempunyai sistem bongkar pasang, sehingga untuk menjaga keamanan sebaiknya pasang permainan mengikuti prosedur yang ada agar lebih tahan lama dan aman.

Anda tidak harus membeli banyak permainan untuk sebuah taman bermain, sebaliknya membeli secara bertahap dapat anda lakukan agar taman bermain tidak terlalu sempit. Tambahkan unsur hijau dengan mengisi beberapa tanamana, anda dapat membuat label tanaman dengan nama tanaman serta nama latinnya sehingga secara perlahan anda dapat memperkenalkan berbagai jenis tanaman serta pembelajaran untuk anak sejak usia dini.

Sumber:
http://rumahanda.net/6-tips-membuat-taman-bermain-anak-di-rumah/
http://www.rumah-minimalis.net/2015/08/tips-tips-membuat-taman-bermain-anak-di.html?m=0