/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]

Bantal sofa atau sering disebut bantal duduk memiliki berbagai fungsi, antara lain mempercantik ruangan serta memberikan kenyamanan ketika dijadikan alas duduk. Sehingga bentuk bantal, warna hingga ukuran bantal duduk tidak bisa dikesampingkan. Untuk ukuran, bantal duduk punya ukuran standar meskipun tidak bersifat mutlak yaitu 40cm – 50cm dan bentuknya selalu kotak. Namun, jika bantal duduk digunakan untuk lantai tanpa kursi atau lesehan, maka ukuran yang digunakan bisa lebih besar. Dari segi bahan, bantal duduk dengan bahan busa dirasa lebih bagus karena memiliki kelebihan seperti sifatnya yang lentur dan tidak mudah kempis dalam jangka waktu yang lama. Penutup bantal juga perlu diperhatikan, usahakan memilih penutup bantal yang terbuat dari katun sehingga mudah menyerap keringat dan mudah dibersihkan.

Bantal Duduk (Sumber : Pinterest)

Bantal Duduk (Sumber : Pinterest)

Pemilihan warna pada penutup bantal juga harus tepat dengan cara memadukan warna bantal dengan warna dinding atau pun furniture yang ada diruangan bersangkutan. Mengenai motifnya, jika perabotan atau furniture pada ruangan disekitar bantal duduk memiliki motif yang beragam dan ramai, usahakan memilih motif bantal duduk yang polos atau solid sehingga tidak terlihat ramai. Perawatan bantal duduk merupakan hal penting, berikut ini merupakan beberapa tips dalam merawat bantal duduk:

1. Dibersihkan menggunakan Vacuum Cleaner

Jika terkena kotoran atau debu, tidak disarankan untuk mencuci atau merendamnya di dalam air. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan mesin vacuum cleaner atau dengan dipukul-pukul menggunakan sapu lidi yang bersih.

2. Dijemur

Bantal duduk biasanya akan mengempis jika digunakan beberapa bulan, hal ini dapat diantisipasi dengan cara menjemur bantal duduk di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, karena panas matahari dapat membuat busa bisa mengembang dan lentur sehingga dapat digunakan menjadi lebih nyaman

3. Pewangi

Bantal duduk secara berkala juga harus diberi semprotan pewangi agar tetap nyaman digunakan.

Sebaiknya anda juga selalu memperhatikan kebersihan penutup atau sarung bantal dan bantal itu sendiri, karena sering digunakan maka tidak dapat dihindari banyak kuman yang mudah menempel di bantal atau sarung bantal sehingga anda perlu menggantinya secara rutin.

Sumber :

https://griyasatriaresidence.wordpress.com/2015/04/18/tiga-langkah-bijak-memilih-bantal-sofa/

http://www.imagebali.net/detail-artikel/359-memilih-dan-merawat-bantal-duduk.php