/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]
Tips Merawat Furniture Berbahan Rotan

Tips Merawat Furniture Berbahan Rotan

Rotan merupakan salah satu bahan baku dalam membuat perabotan rumah tangga, seperti kursi dan meja. Rotan memiliki keunggulan dibandingkan kayu, seperti lebih ringan, elastis, mudah dibentuk, murah, dan kuat. Namun, rotan memiliki kekurangan yaitu mudah terkena rayap. Jika anda menginginkan suasana rumah atau ruangan yang klasik, furniture berbahan rotan akan sangat sesuai. Berbagai jenis dan ragam furniture berbahan rotan masih digemari oleh masyarakat. Saat ini furniture berbahan rotan sintesis lebih digemari dibandingkan furniture berbahan rotan asli, hal ini disebabkan oleh harga yang lebih murah dan bahannya yang lebih ringan. Umumnya bahan rotan sintetis terbuat dari bahan plastik dan akan mengeluarkan zat beracun saat dibakar. Oleh karena itu, teliti dan pandailah dalam membeli furniture berbahan rotan sintetis karena pemakaiannya ada yang aman dan tidak. Namun, agar furniture berbahan kayu lebih terjaga dan tahan lama, beberapa tips berikut perlu anda perhatikan:

1. Bersihkan

Furniture berbahan rotan harus dibersihkan seminggu sekali cukup dengan menggunakan lap kering untuk menghilangkan debu-debu yang menempel, serta hindari penggunaan cairan kimia karena dapat merusak rotan. Khusus untuk debu dan kotoran yang menempel di sela-sela rotan, maka cuci dengan menggunakan detegen, namun cairan detergen yang digunakan hendaknya tidak terlalu pekat dan dapat dilakukan 1 bulan sekali. Selain menggunakan lap, anda dapat menyingkirkan debu dengan mesin penyedot debu, namun usahakan tidak menekan permukaan rotan terlalu keras agar tidak melepas atau menggores bahan anyaman rotan. Anda juga dapat memanfaatjab sikat gigi bekas untuk menangani bagian-bagian tertentu dari rotan yang tidak terjangkau oleh mesin.

 

2. Cat Ulang

Anda dapat mengecat ulang furniture berbahan rotan jika warnanya sudah terlihat memudar, hal ini dapat mempercantik furniture berbahan rotan anda.

 

3. Perhatikan Peletakan Furniture

Perhatikan letak furniture atau perabotan berbahan rotan, usahakan tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung, karena akan menyebabkan warna dari furniture berbahan rotan pudar atau kering sehingga mudah rusak.

 

4. Hindari Rayap

Hindari rayap pada furniture berbahan rotan anda dengan cara menggunakan larutan kamper atau minyak tanah. Anda dapat menyemprotkan larutan tersebut kearah rotan atau bagian yang lebih dalam.

 

Lihat juga portfolio desain rumah kami dengan gaya Bali modern.

 

Sumber:

http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/146-merawat-mebel-rotan.html

http://furnitureinteriorjazidha.blogspot.co.id/2012/07/tips-memilih-furnitur-rotan-sintetis.html

https://www.cleanipedia.com/id/perabotan-bantalan-furnitur/cara-membersihkan-furnitur-rotan-anyaman