/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]
Karpet (Sumber : Pinterest)

Karpet (Sumber : Pinterest)

Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang memberikan nilai berbeda pada suatu ruangan. Karpet biasanya mudah menyerap air, kotoran, debu, bulu hewan, bahkan kutu atau tungau, sehingga karpet membutuhkan perawatan yang khusus. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat karpet anda:

1. Menjaga Kebersihan Karpet

Bersihkan karpet dengan pembersih debu atau vacuum cleaner minimal sekali dalam seminggu. Kotoran dan debu biasanya sangat mudah menempel pada karpet dan jika dibiarkan terlalu lama akan menumpuk dan berakibat buruk pada kebersihan serta kesehatan tubuh. Lakukan pembersihan dengan vacuum cleaner secara perlahan karena vacuum cleaner juga membutuhkan waktu dalam membersihkan debu.

Jika terdapat tumpahan air atau minuman pada karpet segera bersihkan, karena jika dibiarkan terlalu lama tumpahan akan mongering dan merusak karpet. Gunakan kain bersih atau handuk kertas untuk menyerap tumpahan, kemudian tuangkan soda kue ke atas area tersebut dan biarkan selama 15 menit. Jika anggur atau cairan berwarna tumpah, tambahkan sedikit soda koub sebelum menaburkan soda kue. Ketika tumpahan sudah benar-benar kering, Anda bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner.

Jika anda mengalami kesulitan dalam menghilangkan noda, Gunakan botol penyemprot berisi cuka untuk menyemprot sedikit area yang bernoda kemudian bersihkan dengan kain. Jangan khawatir rumah Anda akan berbau cuka, karena baunya akan hilang dalam 24 jam. Hanya pastikan karpet Anda tidak dalam keadaan lembab terlalu lama.

Karpet (Sumber: Pinterest)

Karpet (Sumber: Pinterest)

 

2. Tidak Berjalan dengan Kaki Telanjang

Sebaiknya gunakan kaus kaki atau slippers saat berjalan diatas karpet karena kaki secara alami mengeluarkan keringat dan minyak dan saat bersentuhan dengan karpet, minyak dan keringat menempel pada karpet sehingga menyebabkan debu dan kotoran mudah melekat.

3. Hindari Mencuci Dengan Sabun

Hindari mencuci karpet dengan sabun, karena busa yang dihasilkan sabun akan meninggalkan sisa-sisa residu yang justru akan mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun yang tertinggal juga bisa melemahkan serat karpet sehingga membuat karpet mudah robek atau rusak.

Sumber:

http://wolipop.detik.com/read/2013/07/04/175119/2292949/858/tips-merawat-karpet-agar-tahan-lama

http://id.wikihow.com/Membersihkan-Karpet