/ SMS / WHATSAPP : 081 222 437 888 [email protected]
Tips Merawat Lantai Keramik

Tips Merawat Lantai Keramik

Keramik merupakan salah satu jenis penutup lantai yang sering digunakan di Indonesia. Berbagai motif, warna, ukuran, hingga harga yang bervariatif membuat keramik menjadi bahan yang populer digunakan untuk jenis lantai. Penggunaannya tidak hanya sebatas pada lantai, namun dinding yang dilapisi keramik akan memberikan kesan lebih indah. Jenis keramik menurut tipenya ada dua, yaitu Keramik Glazed (Keramik berlapis atau glazur, biasanya digunakan untuk membuat motif dan tekstur sehingga sesuai untuk lantai dan dinding) dan Keramik Unglazed (keramik yang tidak menggunakan lapisan, pembuatan motif dilakukan langsung saat proses produksi. Jenis keramik ini mempunyai ukuran yang tebal dan mempunyai kualitas yang lebih kuat). Selain dari tipe, jenis keramik juga dapat dibedakan dari permukaannya yang licin dan mengkilat, atau permukaan yang tidak mengkilat, serta tekstur dari permukaan keramik.

Tips Merawat Lantai Keramik

Tips Merawat Lantai Keramik,

Perawatan keramik perlu dilakukan karena lantai keramik yang bersih, mengkilap, terawat akan bagus dilihat. Beberapa langkah perawatan lantai keramik yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Lantai keramik harus di sapu secara rutin untuk menghindari kotoran atau debu yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan keramik. Usahakan menggunakan alat pembersih yang lembut sehingga keramik tidak lecet.
  2. Rutin melakukan pengepelan pada lantai keramik. Pada saat pengepelan, obat lantai yang digunakan tidak perlu banyak karena dapat menyebabkan lengket akibat sisa detergen. Hindari penggunaan pembersih lantai yang mengandung Asam tinggi, karena dapat menyebabkan lapisan glazur keramik akan terkikis sehingga menyebabkan keramik tidak mengkilap lagi.
  3. Jika terdapat keramik di luar ruangan, seperti teras yang sering terpapar air hujan dan panas matahasi secara langsung maka kebersihan harus sering diterapkan agar tidak timbul kerak pada lantai keramik. Anda dapat menggunakan obat pembersih yang mengandung Acid yang tidak begitu tinggi, sikat lalu bilas dengan air dan keringkan dengan lap kering.

Beberapa tips diatas dapat anda gunakan sebagai referensi dalam merawat lantai keramik, hal lain yang penting adalah selalu gunakan tanda bahwa lantai masih basah sehingga orang yang lewat tahu dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Lihat juga portfolio desain rumah kami dengan gaya Bali modern

Sumber:

http://www.tipsrawatrumah.com/

http://www.tipsrawatrumah.com/