RUMAH DENGAN BUDGET
1 MILYAR

Ketika menghubungi Jasa Arsitek, budget membangun adalah salah satu yang menjadi penentu bagaimana rumah anda akan dirancang nantinya. Desain dapat dengan mudah disesuaikan ketika anda sudah memiliki budget tertentu.

Contohnya, jika anda memiliki budget pembangunan dibawah 1 Milyar, hal pertama yang akan kami komunikasikan adalah mengenai kebutuhan ruang anda. Kebutuhan ruang ini yang kemudian akan kami sesuaikan dengan luas bangunan. Untuk rumah dengan budget 1 Milyar kami akan merekomendasikan rumah dengan luas bangunan yang tidak lebih dari 130 m2. Biaya rata-rata pembangunan adalah 6jt rupiah per meternya, jadi biaya untuk bangunan saja 780jt, itu belum termasuk biaya pembangunan pagar, carpot dan landscape.

 

Faktor-faktor penentu budget pembangunan rumah DIBAWAH 1 milyar

Luas Bangunan

Untuk Rumah dengan Budget  1 Milyar, Bangunan maksimal memiliki 2 lantai dengan Luasan maksimal adalah 130m2. Penghitungan ini dengan asumsi harga konstruksi per-meternya adalah 6jt rupiah

Luas Area

Luas area lahan perlu diperhatikan dikarenakan akan mempengaruhi biaya pembangunan carpot, tembok keliling dan landscape. Semakin luasan area-nya maka semakin besar pula biaya yang dikeluarkan untuk tembok dan landscape. Untuk bangunan dengan budget dibawah 1 milyar, maksimal luas Area adalah 150m2.  Pada beberapa project yang biaya pembangunannya di bawah 1 Milyar, buaya untuk pembangunan pagar, tembok luar, carpot dan landscape adalah sekitar 10% dari biaya bangunan inti.

Style Bangunan

Pemilihan style atau konsep Banguan akan mempengaruhi budget. Contohnya, jika memilih konsep Bali Tropis, pemasangan ornamen khas Bali seperti Batu ukir di bagian fasad yang merupakan material custom perlu diperhitungkan. Di Studio JAJ, pemilihan konsep bangunan akan disesuaikan dengan budget seoptimal mungkin.

Material Bangunan

Pemilihan material bangunan menjadi salah satu penentu budgeting.  Untuk rumah dengan harga 1 Milyar, bisa memilih spek material standar contohnya: 

Desain-rumah-2-lantai-luas-120-m2-bu-Nicke

Salah satu klien kami, Ibu Nicke menghubungi kami untuk berkonsultasi mengenai desain Rumah yang ia inginkan. Bu Nicke berkeinginan untuk renovasi rumah lamanya, dimana orang tua ibu Nicke sudah lama tinggal di rumah tersebut dan tidak ingin pindah.

Keseluruhan area rumah keluarga ibu Nicke terdiri atas 3 kapling lahan dimana yang akan dibangun, hanya 1 kapling saja yang posisinya paling barat dengan luas tanah 162m2. Sebagian rumah lama yang terbangun di kapling itu akan dibongkar, sisanya dipertahankan.

Kebutuhan ruang juga tidak terlalu banyak yaitu ruang keluarga, ruang makan, dapur bersih,  kamar tidur utama,  2 kamar tidur anak, kamar ART, dan carport 2 mobil. Setelah perancangan lebih lanjut, ditetapkan luas bangunan rumah ini adalah 120 m2.

Pemilihan konsep bangunan ini juga disesuaikan dengan keinginan dan budget dari klien. Jika klien memnginginkan konsep yang  dirasa dapat meminimalisir budget, kami akan menyarankan konsep Modern karena tidak menggunakan banyak material-material yang bersifat custom. Namun tetap, jika klien menginginkan rumah dengan konsep dan material yang mewah kami dapat menyesuaikan.

Untuk harga standar per-meter  persegi bangunan di wilayah jakarta adalah sekitar 6jt. Biaya ini jika material bangunan yang digunakan mempunyai kualitas standar dengan maksimal memiliki 2 lantai. Jadi perkiraan harga untuk bangunan inti dengan luas 120m2 adalah sekitar 720jt.

Pembuatan pagar , tembok luar, carpot dan landscape adalah sekitar 10% dari biaya bangunan inti, dalam project ini biayanya adalah sekitar 72jt.

Jadi perkiraan biaya total untuk pembangunan rumah ini sekitar 790jt.

Lihat juga:

Rumah Budget 2 Milyar

Rumah Budget 3 Milyar

Rumah Budget 4 Milyar

Rumah Budget 5 Milyar

 

WhatsApp chat