Dalam mendesain dan membangun rumah tentu mayoritas orang lebih menyerahkan kepada seorang Arsitek yang handal serta berpengalaman. Seorang arsitek yang baik dan bagus akan menghasilkan karya yang baik dan bagus pula. Anda sebagai klien tentu akan merasa puas dengan karya dari seorang arsitek yang handal dan berpengalaman. Tidak hanya merancang bangunan yang baik dan bagus saja, seorang arsitek harus dapat memikirkan efektivitas serta efisiensi dari hasil karya nya.

Sebuah bangunan merupakan investasi jangka panjang, biayanya pun tidak lah murah, serta memakan waktu yang lama dalam proses desain maupun pembangunannya. Maka dari itu, sebaiknya bangunan yang dirancang dapat membuat penghuni di dalamnya nyaman serta aman dan orang lain juga dapat menikmati keindahan desain arsitekturnya dari luar. Masalahnya adalah, dari sekian banyak arsitek yang ada, mana arsitek yang tepat untuk merancang bangunan Anda?

Berikut adalah 8 tips dalam memilih jasa arsitek yang baik dan handal :

 

1. Memiliki karakter desain yang sesuai dengan keinginan klien dan mampu beradaptasi dengan keinginan klien

Desain Rumah-3-Lantai-Luas-Bangunan-300m2-Bali-Modern-Bp-Eko-Jakarta-2

Desain rumah dengan ciri khas desain kami Bali Modern

Banyaknya arsitek di Indonesia membuat klien memiliki pilihan beragam dalam menentukan arsitek yang dapat merealisasikan keinginan desain. Nah, tiap Arsitek memiliki karakter dalam merancang bangunan yang berbeda- beda. Contohnya, Andra Matin khas dengan gaya arsitekturnya yang minimalis dan tropical serta modern, lebih mengekspos material, Andy Rahman khas dengan gaya arsitekturnya yang inovatif dan unik, atau kami di studio Jasa Arsitek Jakarta khas dengan gaya arsitektur Balinese Modern Tropical.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga gaya desain ini menyesuaikan atau merupakan kombinasi dengan keinginan klien, misalnya gaya arsitektur mediteranian dengan modern yang pernah didesain oleh studio Jasa Arsitek Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Jadi, sebelum Anda berkoordinasi dengan arsitek, pastikan anda memilih arsitek yang selain sesuai dengan karakter bangunan yang anda inginkan, juga fleksibel dalam mengkombinasikan selera desain yang anda inginkan.

 

2. Terdaftar di Organisasi Resmi dan memiliki sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh organisasi resmi yang di tetapkan Undang-Undang.

Lembaga resmi Ikatan Arsitek Indonesia ( Sumber : www.pubinfo.id) Lembaga resmi Ikatan Arsitek Indonesia ( Sumber : www.pubinfo.id)

Di Indonesia, para Arsitek memiliki sebuah organisasi yang bernama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). IAI merupakan organisasi resmi yang berisi para Arsitek di seluruh Indonesia. Arsitek yang tergabung dalam IAI merupakan Arsitek yang memiliki lisensi dan sudah terverifikasi dalam merancang bangunan di Indonesia.

Principal dari Studio Jasa Arsitek Jakarta yaitu IGN Andri Saputra, ST., IAI sudah tergabung dan memiliki sertifikasi IAI untuk arsitek Madya dan manajemen konstruksi. Bagi studio Jasa Arsitek Jakarta, memiliki sertifikasi lembaga resmi seperti IAI ini juga merupakan prioritas kami selain desain yang berkualitas.

Jika Anda ingin membangun sebuah proyek, carilah Arsitek atau firma Arsitek yang tergabung di dalam Ikatan Arsitek Indonesia, karena dapat dipastikan mereka adalah seorang Arsitek yang dapat mempertanggungjawabkan karyanya.

 

3. Berpengalaman sesuai dengan jenis proyek yang akan dibuat.

Desain Private Villa + Masjid di Puncak, Jawa Barat

Salah satu Portfolio Studio Jasa Arsitek Jakarta (Sumber : https://jasaarsitekjakarta.com)

Sebelum menjatuhkan pilihan Arsitek mana yang akan merancang rumah idaman Anda, Anda dapat melihat karya-karya yang biasanya ada di website para Arsitek. Apabila tidak memiliki website, biasanya mereka memiliki media sosial dan membagikan karya mereka di media sosial. Terdapat beberapa Arsitek yang hanya membangun proyek- proyek seperti rumah, villa, dan proyek kecil lainnya, ada juga yang merancang bangunan- bangunan tinggi, dan ada juga yang spesialisasi di urban design atau landscape design.

Semua itu dapat Anda lihat melalui portfolio karya yang telah di rancang. Beberapa Arsitek hanya berpengalaman dalam merancang bangunan tertentu atau memiliki jumlah portfolio yang terbatas. Jika anda mencari yang benar-benar berpengalaman, arsitek seperti ini biasanya memiliki lebih dari 50 portfolio design dengan berbagai studi kasus dan permintaan klien.

Sehingga apabila tidak ada portfolio karya, mungkin Anda bisa mencari yang lain saja!

 

4. Aktif dalam memberikan saran dan masukan terkait dengan keinginan awal calon klien.

Konsultasi dilakukan untuk mendapatkan solusi desain yang optimal

Sebagai Arsitek yang baik perlu melakukan komunikasi dua arah dengan calon klien. Komunikasi dua arah sangat penting dalam perancangan bangunan karena akan berdampak pada karya yang dihasilkan. Tanpa adanya komunikasi dua arah ini, karya yang dihasilkan tidak dapat maksimal bahkan bisa jadi kacau. Saran dan masukan dari seorang arsitek sangat penting sehingga calon klien mengerti apa yang terbaik dan sesuai dengan keinginannya sehingga karya menjadi lebih maksimal.

Sebagai contoh kami di studio Jasa Arsitek Jakarta sering menerima berbagai macam permintaan klien dimana tidak semua permintaan dapat dipenuhi. Saat terdapat permintaan klien yang kurang layak diterapkan atau memiliki konsekuensi kurang efektif dari sisi fungsi akan kami komunikasikan sehingga klien mendapatkan penjelasan akan hal tsb dan tetap mendapatkan solusi desain yang optimal.

 

5. Memilih Arsitek dengan melihat kualitas, bukan dari biaya jasa.

 

 

Banyaknya Arsitek di Indonesia kadang membuat kita bingung memilih mana Arsitek yang baik dan bagus, selain itu kita biasanya juga mencari Arsitek dengan biaya yang murah, tetapi dengan desain yang bagus.

Sebaiknya jika Anda mencari Arsitek carilah Arsitek yang berkualitas dimana untuk biaya jasa Anda dapat menyesuaikan dengan si Arsitek. Kualitas Arsitektur yang baik membuat uang yang anda keluarkan akan sebanding dengan hasil yang didapatkan, dibanding mencari desain “murah” yang bisa jadi kurang optimal dan membuat anda kurang puas dengan hasilnya dikemudian hari.

Bangunan terutama rumah tinggal yang akan dibangun merupakan investasi jangka panjang Anda, pastikan uang yang anda investasikan membuat anda puas dengan hasil yang ada.

 

6. Mampu berkoordinasi dengan kontraktor dan builder.

Dalam membangun sebuah gedung atau rumah, seorang arsitek membutuhkan bantuan seorang yang bekerja dalam bidang teknik sipil misalnya kontraktor bangunan. Seorang arsitek merupakan orang bekerja sebagai desainer, sedangkan seorang teknik sipil lebih ahli dalam hal membangun.

Walaupun dari pihak arsitek biasanya menyediakan paket desain lengkap sampai detail gambar kerja, terkadang kontraktor membutuhkan koordinasi dan penjelasan lebih lanjut terkait gambar kerja seperti detail finishing, struktur dan lain-lain.  

kelengkapan-gambar-jasa-arsitek

Contoh kelengkapan gambar dari studio Jasa Arsitek Jakarta: hardcopy (printout) & softcopy berupa CD

Maka, carilah seorang arsitek yang mampu berkoordinasi dengan kontraktor dan builder sehingga dapat tercipta bangunan yang telah dirancang. Bila tidak mampu koordinasi dengan kontraktor dan builder, sebaiknya carilah Arsitek yang lain!

 

7. Membuat desain yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaannya.

Dalam mendesain sebuah perancangan arsitektur, seorang arsitek harus dapat mempertanggung jawabkan desainnya karena desain berhubungan dengan kenyamanan serta keselamatan calon klien.  Bila terdapat kesalahan atau masalah, si Arsitek juga harus dapat menanggulangi dan memberikan soolusi dengan baik dan benar.

Karena dari itu dari sisi perancangan terutama sisi teknis seperti gambar struktur maupun perhitungan struktur jika dibutuhkan, studio Jasa Arsitek Jakarta memiliki tim yang kompeten di bidangnya dan bersertifikasi khusus.

Contoh gambar kerja studio Jasa Arsitek Jakarta

Pertanggungjawaban adalah hal yang susah di dapatkan, jadi pastikan Anda memilih Arsitek yang tepat dan dapat mempertanggung jawabkan hingga akhir pelaksanaan!

 

8. Memiliki kelebihan dalam hal “After Sales Service”.

Tugas seorang arsitek seringkali tidak hanya sampai proses gambar selesai. Terkadang Anda membutuhkan saran dan masukan dari pihak Arsitek saat pembangunan baru berjalan maupun saat mendekati finishing.

Banyak hal yang mungkin tidak berjalan sesuai rencana di awal seperti keramik lantai yang harus diganti karena ketiadaan stok, perubahan-perubahan minor di sisi interior, atau perubahan lain yang ingin dilakukan saat project berjalan. Seorang Arsitek yang memiliki pelayanan after sale yang baik akan terbuka menerima ide-ide baru dan menyesuaikan jika dirasa memungkinkan dan lebih baik untuk diterapkan.  

Carilah seorang Arsitek yang memiliki kelebihan dalam hal “after sales service” ini, jadi jika ada hal-hal baru dalam pembangunan dapat diajak berunding dan bisa memberikan solusi setelah pembangunan selesai.

 Jadi demikian 8 tips dalam memilih Jasa Arsitek ini, mudah-mudahan bisa membantu Anda yang sedang mencari dan memilih Arsitek yang tepat!