ulasan denah rumah mewah studio JAJ

Sebuah Desain rumah mewah milik T&W yang berlokasi di Jakarta yaitu rumah 3 lantai dengan luas bangunan 1104 m2. Desain ini direncanakan berdiri di atas lahan berukuran lebar 30 meter x 30 meter. Rumah 3 lantai ini menampilkan gaya Kontemporer.  

Ciri utama dari rumah dengan gaya desain kontemporer adalah kesan sederhana dan minimalis namun menggunakan sentuhan yang berani dalam corak atau motifnya. Dalam dunia arsitektur, desain kontemporer merupakan gaya desain yang selalu mengikuti perkembangan zaman atau perkembangan waktu.

Untuk menampilkan kesan mewah, arsitek memilih material finishing yang tidak terlalu mencolok tetapi tetap memberikan kesan mewah dengan perpaduan antara material kayu, material non finish dan material batu alam travertine putih. Perpaduan material-material dan lighting pada bangunan memampilkan kesan modern, mewah dan megah pada fasad bangunan tersebut dimana sesuai dengan keinginan klien yang ingin memiliki bangunan dengan tampilan modern, mewah dan megah.

Orientasi bangunan menghadap kearah timur yang merupakan orientasi yang menguntungkan karena arah timur barat merupakan arah lintasan matahari dan angin sehingga bukaan pada bangunan dimaksimalkan pada bagian depan dan belakang bangunan untuk mendapat pencahayaan dan penghawaan yang optimal. Secondary skin di aplikasikan pada fasad bangunan untuk menghalangi silau.

Desain-Rumah-3-Lantai-Luas-1104-m²-Bu-........-di-Jakarta
Desain Rumah Mewah Bergaya Kontemporer

Semi Basement

Pertama kita bahas mulai bagian semi basement. Pada lantai semi basement terdapat :

  • Ruang satpam + CCTV + kamar mandi
  • Carport
  • Teras
  • Garasi
  • Ruang genset
  • Gudang Bapak
  • 2 kamar tidur sopir + 3 kamar mandi
  • Ruang kumpul sopir
  • Pantry & R. Makan
  • Koridor
  • Area servis

Bangunan ini memiliki semi basement yang cukup luas karena klien kami gemar mengoleksi kendaraan, beliau menginginkan garasi mobil yang luas yang dapat menampung kurang lebih 5 mobil & motor dan kemungkinan jumlah kendaraan akan bertambah.

Denah rumah mewah studio JAJ

Untuk dapat menampung seluruh kendaraan klien, maka kami mendesain basement untuk menempatkan sebagian kendaraan klien. Pada area basement tidak hanya terdapat garasi saja tetapi juga dibuatkan 2 kamar tidur yang masing-masing kamarnya berukuran 3,5m x 4m dimana pada kamar ini terdapat 2 tempat tidur single bed, serta ruang penunjang lainnya seperti kamar mandi, ruang cuci, ruang jemur, pantry, ruang makan dan ruang kumpul yang difasilitasi untuk sopir agar sopir mudah menjangkau kendaraan yang ada di garasi.

Detail Denah Carport, Garasi & Area Servis

Agar area basement tidak pengap dan sumpek, arsitek merencanakan taman di area dekat kamar sopir. Area basement pun lebih terasa terbuka dengan adanya void di area taman ini sehingga mendapat pencahayaan serta sirkulasi penghawaan yang baik. Basement ini juga terdapat koridor dengan tangga khusus area servis yang letaknya tersembunyi agar sirkulasi area servis dengan area private tidak tercampur, tangga ini menghubungkan lantai basement dengan lantai dasar.

Detail Denah Ruang Satpam, CCTV & R. Genset

  Untuk sistem keamanan, bagian depan bangunan diletakkan ruang satpam + CCTV. Penempatan genset dengan ruangan bawah tanah harus memerlukan perhatian dari segi sirkulasi udara mengingat ruangan bawah tanah minim oksigen yang dapat membuat engine genset menjadi panas dan padam.

Selain itu pastikan ruangan genset di bawah tanah memiliki spare tempat agar memudahkan teknisi untuk melakukan maintenance genset dan perbaikan jika genset memiliki masalah. Genset diletakkan di bawah tanah agar suaranya tidak menimbulkan kebisingan hingga ke dalam ruang utama.

Lantai 1

Next kita lanjut ke area lantai 1. Pada lantai 1 terdapat :

  • Teras
  • Foyer
  • Teras
  • Ruang Tamu Keluarga
  • Ruang Tamu Bapak
  • 1 Kamar Utama + Kamar Mandi Utama + W.I.C
  • 2 Kamar Tidur + 2 Kamar Mandi
  • Ruang Keluarga
  • Area Musik
  • Ruang Makan
  • Area Gym
  • Dapur Kotor
  • Pantry
  • Kolam Renang + Kamar Mandi
Denah rumah mewah lantai dasar by studio JAJ
Denah Lantai 1

Karena jalan menuju koridor entrance berada di tengah bangunan, sehingga pergola bagian entrance menggunakan material kaca supaya koridor tidak terlalu gelap dan mendapatkan pencahayaan.

Ruang pertama yang ditemui setelah memasuki entrance adalah ruang tamu. Terdapat 2 ruang tamu pada hunian ini yaitu Ruang tamu untuk keluarga dimana ruang tamu ini berdekatan dengan ruang utama penghuni rumah tetapi tetap diberi sekat untuk menjaga privasi pemilik rumah, selanjutnya ruang tamu khusus tamu penting pemilik rumah, dimana ruang ini terpisah dan diletakkan jauh dari ruang utama karena bersifat lebih formal.

Detail Denah Koridor & R. Tamu

Ruang Keluarga, Ruang Makan, Area Musik, Pantry dan Bar dibuat tanpa sekat untuk menambah kesan luas dan ruangan ini diorientasikan kebagian tengah yaitu ke arah kolam renang untuk mendapatkan view positif. Untuk dapur kotor letaknya disembunyikan dari ruang utama agar tidak mengurangi estetika pada ruangan.

Detail Denah R. Keluarga, Area Musik, R. Makan, Pantry & Dapur Kotor

Kolam Renang berukuran 9m x 3m sebagai Center Of View ,desain kolam ini menjadikan kolam renang sebagai bagian dari pusat aktivitas orang yang ada di dalam rumah tersebut. Kolam ini melengkapi view bagi beberapa ruang yang ada pada rumah dan bisa diakses langsung dari beberapa ruang yang ada pada rumah.

Dengan desain perletakan kolam renang berada tepat di tengah-tengah rumah dikelilingi oleh ruang-ruang lainnya, klien tetap bisa berenang di ruang terbuka dengan privasi yang terjaga. Kolam renang pun menjadi pemandangan asri yang dapat dinikmati dari berbagai sudut rumah. Selain itu pencahayaan dan penghawaan pun mudah masuk ke dalam ruangan.

Detail Denah Kolam Renang & Kamar Mandi

Beranjak dari permintaan klien yang menginginkan kamar tidur utama diletakkan dekat dengan kolam renang karena beliau ingin menikmati segarnya udara pagi dan bersantai di area pooldeck. Ukuran kamar utama yaitu 13,4 m x 6 m yang terdiri dari ruang tidur, kamar mandi dan wardrobe. Pada lantai 1 ini juga terdapat 2 kamar anak dengan ukuran masing-masing kamarnya 5,5m x 7m berada di bagian barat site dan berorientasi ke arah jalan utama menuju rumah.

Di bagian depan kamar terdapat balkon, letak balkon yang ada di lantai atas membuat ruangan memiliki jendela pandang yang lebih luas sehingga balkon menjadi tempat yang sangat tepat untuk bersantai sambil menikmati pandangan di sekitar rumah.

Detail Denah Kamar Tidur Utama, Kamar Tidur 2 & Kamar Tidur 3

Pada lantai 1 juga terdapat ruang Gym dengan ukuran 3m x 4,5m. Ruangan untuk fitness tentunya harus luas dan besar dikarenakan kegiatan olahraga yang dilakukan bukan sekedar push up, sit up, namun juga berbagai aktivitas seperti mengangkat barbel, lari di treadmill, ataupun yoga.

Aktivitas Ini juga dilakukan tidak hanya oleh satu orang namun juga bisa dilakukan berbagai anggota keluarga dalam waktu yang juga bersamaan. Perletakan ruang gym juga diperhitungkan karena ruangan harus mendapatkan pencahayaan alami dan juga ventilasi sehingga pertukaran sirkulasi udara terasa lebih nyaman dan juga segar. Hal ini menghindari udara panas sehabis berolahraga tersimpan di dalam ruangan.

Detail Denah Area Gym

Lantai 2

Pada lantai 2 terdapat :

  • 3 Kamar Tidur + 3 Kamar Mandi
  • Ruang Keluarga
  • Ruang Billiard
  • Foyer
  • Gudang Ibu
  • Ruang Setrika
  • Area Cuci + Jemur
  • 2 Kamar Mandi ART
  • Ruang Kumpul ART
Denah rumah mewah lantai dua by studio JAJ
Denah Lantai 2

Pada lantai 2 terdapat 3 Kamar anak, 1 kamar tidur dengan ukuran 6,5m x 6m diletakkan di sisi barat dengan orientasi menghadap arah selatan yang dilengkapi dengan balkon agar penghuni ruangan dapat menikmati view kolam renang dari atas selain itu bisa mendapat pencahayaan dan penghawaan yang maksimal dan 2 kamar lagi dilektakkan di sisi  timur dengan ukuran masing-masing kamar 6,5m x 5,5m yang diorientasikan menghadap barat site yaitu mengarah ke jalan utama.

Kamar tidur diletakkan di sisi timur agar mendapatkan sinar matahari pagi dan diletakkan dilelakkan di sisi barat agar mendapat sinar matahari sore. Untuk mencegah ruangan terpapar sinar matahari dan menghindari silau diaplikasikan secondary skin pada fasad bangunan.

Detail Denah Kamar Tidur , 3 Kamar Tidur 4 & Kamar Tidur 5

Di lantai 2 juga terdapat ruang keluarga yang ditempatkan di tengah ruang diantara kamar tidur agar mudah dijangkau keluarga saat berkumpul. Desain void pada lantai ini Selain menangkap sumber pencahayaan alami, sifat terbuka yang dimiliki void rumah juga akan membantu persebaran cahaya sehingga ruangan di dalam rumah jadi jauh terasa lebih terang.

Dengan adanya void pengguna ruang dilantai 2 dapat memantau keadaan rumah pada lantai 1. Pada saat proses mendesain area foyer dengan lebar 3 meter menyisakan ruang yang dapat dimafaatkan sebagai ruang billiard.

Detail Denah R. Keluarga, R. Billiard, Foyer & Void

Sesuai permintaan klien, beliau ingin dibuatkan gudang khusus di lantai 2, ukuran gudang yaitu 5m x 4,6m. Untuk area servis pada lantai 2 terdapat 2 kamar ART dengan 2 single bed disetiap kamarnya. Area servis ini dilengkapi juga dengan ruang kumpul, 2 toilet berukuran 2m x 1,5m, ruang cuci jemur dan ruang setrika. Pada area servis terdapat tangga khusus sirkulasi ART menuju dapur kotor.

Detail Denah Ruang ART & Gudang Ibu

Kesimpulan

Desain rumah mewah milik ibu & bapak T&W di Jakarta, rumah 2 lantai + semi basement dengan luas bangunan 1.104 m2. Desain ini direncanakan berdiri di atas lahan berukuran lebar 30 meter x 30 meter. Untuk dapat menampung seluruh kendaraan klien, maka kami mendesain basement untuk menempatkan sebagian kendaraan klien.

Ruang Keluarga, Ruang Makan, Area Musik, Pantry dan Bar dibuat tanpa sekat untuk menambah kesan luas dan ruangan ini diorientasikan kebagian tengah yaitu ke arah kolam renang untuk mendapatkan view positif.           

Kolam Renang berukuran 9m x 3m sebagai Center Of View ,desain kolam ini menjadikan kolam renang sebagai bagian dari pusat aktivitas orang yang ada di dalam rumah tersebut. Kolam ini melengkapi view bagi beberapa ruang yang ada pada rumah dan bisa diakses langsung dari beberapa ruang yang ada pada rumah.

Beranjak dari permintaan klien yang menginginkan kamar tidur utama diletakkan dekat dengan kolam renang karena beliau ingin menikmati segarnya udara pagi dan bersantai di area pooldeck. Ukuran kamar utama yaitu 13,4 m x 6 m yang terdiri dari ruang tidur, kamar mandi dan wardrobe. Kamar tidur diletakkan di sisi timur agar mendapatkan sinar matahari pagi dan diletakkan dilelakkan di sisi barat agar mendapat sinar matahari sore. Untuk mencegah ruangan terpapar sinar matahari dan menghindari silau di aplikasikan secondary skin pada fasad bangunan.

Di lantai 2 juga terdapat ruang keluarga yang ditempatkan di tengah ruang diantara kamar tidur agar mudah dijangkau keluarga saat berkumpul. Desain void pada lantai ini Selain menangkap sumber pencahayaan alami, sifat terbuka yang dimiliki void rumah juga akan membantu persebaran cahaya sehingga ruangan di dalam rumah jadi jauh terasa lebih terang.

Mudah-mudahan ulasan denah ini dapat bermanfaat buat Anda, dan bagaimana pendapat Anda mengenai denah rumah style kontemporer ini? Silakan berdiskusi di kolom komentar dibawah!

Simak juga Artikel Lainnya:

WhatsApp chat