F.A.Q. / Pertanyaan Umum

Selamat Pagi, Perkenalkan saya Natalia, Marketing studio JAJ  yang akan memandu Anda di halaman ini.

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan umum mengenai jasa kami, baik dari prosedur design, biaya jasa arsitek kami, proses konsultasi dan lainnya.

Jika ada pertanyaan lain atau janji bertemu, Anda bisa menghubungi kami via Whatsapp dengan klik tombol ini 

Pertanyaan Umum

Studio JAJ melayani apa saja?

Studio JAJ adalah konsultan perencana untuk arsitektural, interior design dan landscape design.

Untuk arsitektural dan interior, kami melayani design untuk semua jenis bangunan mulai rumah pribadi, rumah mewah, villa, kost-kostan, mini apartment, hotel, homestay, Resort dan bangunan komersial lainnya (bukan bangunan gedung bertingkat dengan lantai > 4)

Sedangkan untuk landscape yang kami layani adalah style tropical landscape.

Apa perbedaan / kelebihan studio JAJ dibanding jasa sejenis?

Kami memiliki prinsip desain tersendiri untuk mendefinisikan perbedaan kami dengan konsultan arsitek lainnya. Dalam mendesain bangunan kami memiliki prinsip:

Quality over Quantity

One design at a time: Kami tidak menyelesaikan puluhan desain sekaligus, sehingga tidak ada design yang diselesaikan terburu-buru. Tim berpengalaman kami mengerjakan design Anda dengan teliti dan seksama

Yours are Unique

Anda adalah pribadi yang unik, begitu juga desain Anda. Kami tidak menganut ‘template’ atau design siap pakai, semuanya disesuaikan dengan pribadi dan kebutuhan terpenting diri Anda.

Profitability Minded

Bagi Anda yang merencanakan sebuah Project komersial, dengan design dan pemilihan material yang tepat Anda bisa menghemat puluhan bahkan ratusan juta di masa depan, tanpa mengurangi keindahan dan fungsi bangunan. Sekarang Anda tidak perlu lagi memusingkan biaya maintenance property yang tinggi. Percayakan pada kami, maka kami yang memikirkan semuanya.

Fokus Desain kami adalah: Merancang desain yang optimum dari sisi layout, menjaga hingga terbangun sesuai rencana, dan menjaga prinsip cost efficient + low maintenance sehingga menjadi kebanggaan anda sebagai owner.

Berapa biaya pembuatan desain studio JAJ?

Untuk biaya desain rumah / villa sesuai dengan luas bangunan total sesuai tabel berikut: (harga per maret 2020)

1          <200 m2                  Rp 70,000,000
2          Diatas 200m2          Rp 350,000/m2

Untuk selengkapnya bisa lihat di halaman biaya jasa arsitek studio JAJ

Sedangkan untuk design interior, Biayanya Rp 350,000 / m2 ruangan dengan luas minimal 100m2.

Sebagai contoh, anda memiliki rumah dengan luas 300m2, sedangkan ruangan yang didesain seluas 200m2, maka biaya kami hitung dari 200 m2 x 350,000 = Rp 70,000,000.

Atau jika luas ruangan yang didesain adalah 70m2, maka tetap kami hitung sebagai 100m2, jadi biayanya 100 x 350,000 = Rp 35,000,000.

Saya belum tau luasan bangunan yang saya inginkan, bagaimana saya menghitung biayanya?

Kami memiliki team yang akan berkomunikasi dengan anda mengenai kebutuhan ruang dan fasilitas yang anda inginkan. Hal itu nantinya yang nantinya menjadi dasar kami untuk membantu anda melakukan penghitungan luasan bangunan beserta biayanya.

Saya ingin membangun rumah pertama saya dan tidak tahu menahu mengenai dunia perarsitekturan. Bagaimana Studio JAJ bisa membantu saya?

Sebagian besar klien juga mempercayakan rumah pertamanya kepada kami. Jika ini adalah rumah pertama anda, team kami akan sebaik mungkin menjelaskan mengenai proses bagaimana sebuah rumah didesain hingga nanti dipercayakan kepada kontraktor untuk dibangun.

Kami akan mendesain sesuai dengan budget membangun dan kebutuhan ruang anda. Team kami akan mempelajari kebiasaan anda di rumah untuk menentukan tata letak yang efisien dan nyaman sesuai dengan keseharian anda.

Dalam paket desain yang kami tawarkan juga terdapat item berupa:
– Gambar Denah/Layout Plan
– Gambar 3D eksterior
– Gambar Refrensi Interior
– Visualisasi Video 3D
dimana item-item ini akan sangat membantu anda dalam visualisasi calon rumah anda nantinya.

Saya mempunyai lahan yang tidak terlalu besar dan menginginkan bangunan yang tidak terlalu besar, apakah Studio JAJ mampu mengakomodasi kebutuhan desain saya?

Studio JAJ memiliki produk “Design by Needs”, atau desain sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah ‘Compact Design’ yang Fokus pada bangunan dengan ruangan lega namun compact sehingga sesuai kebutuhan dan tidak memboroskan budget.

Bagaimana jika saya menginginkan rumah yang custom, mewah dan unik?

Studio JAJ memiliki produk “Design by Needs”, atau desain sesuai dengan kebutuhan. Design kami yang cocok bagi Anda adalah ‘Luxury Home’ yaitu design custom, unik, dan memiliki tingkat detail yang tinggi berdasarkan kebutuhan utama anda dan keluarga. Pada Design Luxury Home ini kami memiliki team dedicated dan berpengalaman untuk memenuhi keinginan Anda. 

Selain Compact Design dan Luxury Home, kami juga memiliki dua product design lainnya yaitu Profitable Building yang merupakan Design bangunan komersial yang low cost + low maintenance, efisien budget dan optimal dari sisi design dan pemilihan material sehingga menghasilkan profit maksimum;

dan Landmark Design yang merupakan Top-notch design dengan kompleksitas tinggi untuk merancang sebuah bangunan yang akan menjadi landmark dan legacy bagi klien.

Saya menemukan desain yang hampir ideal tapi belum 100% sesuai dengan keinginan saya di portofolio studio JAJ. Apakah nantinya studio JAJ bisa mengakomodir sesuai dengan keinginan saya?

Bisa, setiap hasil desain pada portofolio studio JAJ disesuaikan pada kebutuhan dan selera klien.

Jadi kami bisa menyesuaikan dengan permintaan bapak/ibu dengan acuan desain dan kebutuhan yang jelas dan lengkap. 

Apakah melayani desain untuk renovasi?

Untuk project renovasi sebagian, hanya melayani lokasi Jakarta dan sekitarnya, dengan luas minimum bangunan 200m2

Jika memang berkualitas dan lengkap, kenapa biayanya lebih murah dibandingkan arsitek … (sebutkan)

Dibandingkan konsultan / biro Arsitek yang Anda sebutkan / ketahui, Studio JAJ bisa memberikan harga yang lebih terjangkau karena:

–  Studio JAJ memiliki metode efisiensi pada operasional kantor, biaya produksi gambar dll jadi tidak mengesampingkan kelengkapan teknis untuk bisa memberikan harga desain yang terjangkau. Kelengkapan gambar teknis yang kami sediakan “qualified” (lengkap dan aman), sehingga dapat menghasilkan bangunan yang aman.

–  Jasa yang kami berikan adalah paket Arsitektural yang umum dibutuhkan oleh klien dan mencukupi sebagai acuan pelaksana di lapangan, diluar RAB detail dan pengawasan project. (sebagai jasa tambahan jika dibutuhkan)

– Studio JAJ tidak fokus menjual brand saja, namun lebih berfokus pada Visi yaitu “To develop the better society by providing exceptional design”

 

Apa Jasa Tambahan yang disediakan oleh studio JAJ?

– Untuk RAB detail dikenakan biaya tambahan yang besarannya sesuai pada halaman pemesanan desain.

Untuk harga-harga material dll pada RAB detail menggunakan harga acuan Jakarta.

– Jasa pengawasan yang biaya per kunjungannya disesuaikan dengan luasan bangunan dan lokasi project (Jakarta dan sekitarnya)

Yang tidak dilayani oleh studio JAJ?

  1. Jasa Tes Sondir ( Khusus untuk bangunan tingkat dan atau memiliki kontur/kondisi tanah yang khusus seperti lahan dekat jurang, lahan gambut, lahan bekas rawa, lahan bekas kolam atau sawah)
  2. Jasa Perhitungan Topografi
  3. Jasa pengurusan & pembuatan gambar IMB

Apakah saya bisa memesan desain bangunan dengan style/gaya yang saya inginkan?

Spesialisasi kami memang ada di desain Bali modern dan tropis, namun kami juga sudah menambah tim untuk mengembangkan desain dengan style lainnya seperti klasik, tropical, mediteranian, kolonial, klasik – modern, Eropa, Arabian, minimalis kontemporer,  maupun style desain lainnya

Desain

Bagaimana proses design di Studio JAJ?

Tahap 1: Kebutuhan awal desain terpenuhi (scan GS / gambar tanah di sertifikat, kebutuhan ruang lengkap, konsep desain, ukuran lahan yang dimiliki dan budjet membangun, jika ada)

Tahap 2: Pembuatan Konsep denah atau layout hingga disetujui

Tahap 3: Proses Visualisasi Desain dan 3D

Tahap 4: Pembuatan Gambar Kerja/Teknis

Tahap 5: Serah Terima

Berapa kali saya bisa revisi denah / tampak

Revisi denah dilakukan maksimal 3 kali dan tampak sebanyak 1 kali.

Dari pengalaman kami, revisi denah sebanyak 3 kali sudah mampu menghasilkan denah yang ideal untuk mengakomodir kebutuhan dan sesuai dengan standar arsitektural, selain agar proses desain tidak memakan waktu lama.

Berapa lama proses desain dari awal hingga finish?

Lama proses desain untuk rumah tinggal 1-2 bulanan, tergantung banyaknya revisi dan intensitas komunikasi dengan klien, dan bisa lebih lama untuk bangunan komersial atau bangunan dengan kompleksitas tinggi. 

Saya butuh cepat, apakah bisa selesai semua dalam waktu 2-3 minggu?

Studio JAJ memperhatikan keamanan dan kenyamanan bangunan anda, baik dari sisi layout, tampak bangunan maupun environment bangunan. Dengan banyak faktor yang harus diperhitungkan, rata-rata kami membutuhkan setidaknya 1-2 bulan untuk menyelesaikan project klien. 

Sebagai opsi alternatif biasanya setelah menyelesaikan konsep dan 3D dalam waktu 2-3 minggu (diluar revisi), progress gambar kerja yang dibutuhkan bisa kami kirimkan secara bertahap, jadi bisa paralel dengan dimulainya konstruksi bangunan. 

Apa saja kelengkapan design yang saya dapatkan?

Kelengkapan desain yang didapatkan sesuai standar sebagai acuan pekerjaan di lapangan.

File final yang akan diberikan dalam bentuk cetak adalah 1 Jilid Print Out A3 yang berisi:

  • Gambar 3D render
  • Printout gambar teknis berupa: Gambar teknis Arsitektur, Gambar teknis Struktur, dan Gambar teknis MEP (mekanikal, elektrikal dan plumbing)

File final yang diberikan dalam bentuk CD soft-copy:

  • 3D visualisasi interior dan eksterior 20-40 view
  • Video visualisasi 3D interior dan eksterior
  • Gambar 3D render 3-6 view
  • file PDF gambar teknis berupa: Gambar teknis Arsitektur, Gambar teknis Struktur, dan Gambar teknis MEP (mekanikal, elektrikal dan plumbing)

Apakah saya masih akan dilayani untuk konsultasi setelah proses design selesai?

Setelah serah terima dan dimulainya proses pembangunan, studio JAJ tetap dapat melayani konsultasi oleh pihak klien maupun kontraktor terutama untuk penjelasan gambar.

Konsultasi bisa dilakukan melalui Whatsapp grup atau datang langsung ke kantor kami.

Sebagai tambahan, kami juga akan mendokumentasikan rumah Anda dengan gratis setelah terbangun.

    Payment

    Bagaimana tahapan pembayaran?

    1. 10% Down Payment sebelum proses pembuatan konsep denah awal
    2. 20% saat revisi konsep denah awal dan meneruskan ke pembuatan model 3D
    3. 50% setelah modeling 3D disetujui, dan akan melanjutkan ke pembuatan visualisasi 3D interior dan eksterior termasuk video
    4. Pelunasan 20% setelah visualisasi 3D selesai untuk melanjutkan ke proses pembuatan gambar kerja final
    For any other questions, please write us at [email protected] or whatsapp on +6281284616788