Asal mula gaya arsitektur mediterania dibawa oleh orang berkebangsaan Spanyol yang datang ke Amerika Serikat. Gaya ini muncul dari penyesuaian terhadap iklim setempatnya yaitu panas sehingga memberikan kesan atau suasana langit biru dengan sinar matahari yang cukup atau terang. Umumnya gaya mediterania memiliki ketebalan dinding yang cukup panas agar menahan panas matahari masuk ke dalam bangunan pada siang hari tetapi pada malam hari bangunan tetap menyimpan panas matahari sehingga akan terasa hangat. Untuk menahan panas, jendela pada gaya mediterania berukuran kecil. Ciri khas lainnya adalah memiliki tanaman di dalam bangunan. Material yang sering di gunakan adalah tanah liat dan batu karena ingin memberikan kesan menyatu dengan alam. Pilar yang berdiameter besar diletakan di bagian depan bangunan agar bangunan terlihat lebih mewah. Unsur lain yang sering terlihat adalah bukaan yang memiliki lengkung pada bagian atasnya. Gaya mediterania memiliki teras yang luas karena terdapat kolam atau air mancur sehingga udara tetap terasa dingin. Atap yang digunakan adalah atap datar, miring, dan pelana. Bangunan gaya mediterania mayoritas berwarna pastel atau cerah.

Beberapa desain rumah tinggal kami bergaya mediterania. Tetapi agar tidak menjadi gaya mediterania yang mainstream, kami mengombinasikan gaya mediterania dengan gaya arsitektur lain yang sesuai dengan konsep dan keinginan client. Kombinasi yang kami buat tidak menghilangkan atau mengurangi mediterania akan tetapi lebih menonjolkan gaya mediterania pada bangunan. Beberapa rumah tinggal bergaya mediterania yang kami desain memiliki luas tanah yang luas sehingga memudahkan untuk menunjukan konsep dan gaya mediterania. Akan tetapi kami juga mendapatkan bangunan dengan luas tanah yang terbatas akan tetapi desain kami mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan client dan tentunya dengan sedikit campuran gaya arsitektur lain.

sumber : https://www.arsitag.com/article/gaya-arsitektur-mediterania

Berikut adalah Desain Rumah Arsitektur Mediterania Ala Jasa Arsitek Jakarta:

1. Desain Rumah Mewah Mediterania Klasik luas 775m2 Milik Ibu Reza Banjarmasin

 

 

 

Rumah tinggal milik Ibu Reza bergaya mediterania sesuai dengan kinginannya dengan melihat potensi luas lahan yang mendukung gaya tersebut. Tidak hanya menggunakan gaya mediterania, kami juga menambahkan gaya arabian pada rumah tinggal ini sehingga kesannya lebih mewah. Walaupun memilih gaya mediterania, rumah 3 lantai ini tidak berkesan kuno tetapi klasik modern yang ditunjukan melalui interiornya yaitu lantai marmer, dinding berwarna cerah, dan tangga melingkar. Selain dari interior, pilar-pilar dibagian depan yang besar dan lengkungan pada bukaan juga memberikan kesan megah pada rumah ini. Tetapi sebagai rumah tinggal, bangunan ini juga memperhatikan kenyamanan bagi penghuni.

 


 

2. Desain Rumah Mewah Mediterania Klasik luas 1000m2 di Tanjung Selor Kalimantan

 

 

 

Sesuai dengan keinginan client, Ibu Wenny, kami mendesain rumah ini dengan gaya mediterania yang berkesan megah klasik tapi modern. Lahan yang cukup luas, bangunan ini memiliki luas 1000m2. Teras yang luas memiliki kolam renang pada bagian belakang rumah untuk mengurangi udara panas dan terdapat ruang bersantai atau living area. Ornamen-ornamen dan fasad pada fasad mendunkung gaya arsitektur mediterania. Biasanya, bukaan untuk gaya mediterania adalah lengkung akan tetapi pada rumah ini berbeda karena bukaannya berbentuk persegi karena ingin terlihat modern. Supaya tidak mengurangi unsur mediterania pada bukaan, railing balkon didesain ukiran-ukiran bergaya eropa sehingga mendukung mediterania. Banyaknya bukaan pada bagian belakang rumah membuat rumah tidak terlihat masif tetapi lebih ringan dan untuk tujuan sirkulasi udara yang baik. Sesuai dengan ciri khas gaya mediterania, rumah ini beratap datar.


 

 

3. Desain Rumah Mewah 4 Lantai Gaya Mediterania Bp Iwan di Jakarta

 

 

 

Sesuai dengan keinginan Bapak Iwan, rumah tinggal ini didesain dengan tampilah yang elegant sehingga gaya arsitektur yang digunakan adalah mediterania sebagai tampilan fasad depan. Rumah 4 lantai ini dibangun diatas lahan yang terbatas dengan kebutuhan penghuni yang cukup banyak tetapi kami berhasil mendesain sesuai dengan kebutuhan Bapak Iwan. Gaya mediterania pada rumah ini agak berbeda karena tidak ada pilar-pilar besar pada fasad tetapi warna bangunan dan ornamen pada dinding dan juga balkon mendukung tampilan mediterania pada bangunan ini.