Studio Jasa Arsitek Jakarta: Tips Menata Dapur Minimalis Terihat Manis

Sebagai suatu shared space, dapur memerlukan banyak storage, plumbing, dan ruang lega untuk memaksimalkan aktivitas di dalamnya. Dapur memiliki segi praktis tertinggi di dalam suatu rumah. Sayangnya, masih banyak orang sering mengabaikan hal ini. Seperti contoh, dapur adalah penempatan barang-barang yang memerlukan pasokan listrik seperti kulkas, kompor listrik, microwave, oven. Lalu dapur juga identik dengan tempat penyimpanan bumbu masak, bahan makanan, peralatan memasak, serta peralatan makan. Selain itu, terdapat ruang untuk mencuci piring. Apabila menggunakan kompor gas, Anda juga harus mempertimbangkan letak kompor dan gas tersebut.

Dapur sama pentingnya dengan ruangan-ruangan lain di dalam rumah, sama-sama memerlukan penataan khusus dan cermat. Dapur memiliki kompleksitas ruang dengan kebutuhan fungsional yang tinggi namun bukan berarti Anda tidak dapat membuatnya estetik. Tentunya dengan jasa arsitek, desain dapur Anda juga menjadi fokus esensial bagi tim professional yang selalu berkutat dengan keindahan arsitektur segala jenis ruang di rumah Anda.

Hindari Hal Ini

Sering kita temukan dapur terbengkalai begitu saja dengan bumbu-bumbu dapur berserakan. Tidak masalah ukuran dapur Anda, meski sempit atau tidak. Semakin sempit tentu saja memerlukan lebih banyak pemikiran untuk memaksimalkan segala kebutuhan Anda akan dapur yang lengkap tanpa harus mengesampingkan perasaan tidak nyaman. Sulap dapur kecil Anda dengan melakukan hal ini untuk membuat dapur kecil tertata dan terlihat mewah.

Padukan Dapur dengan Materi dan Warna Ini

Untuk memberi kesan elegan pada dapur Anda, integrasikan materi alami seperti kayu, batu-batu alam granit, porselen, marmer, kuarsa, ubin keramik dalam desain meja dapur (countertops), dinding dapur, dan lantai.

Selain itu, peran warna juga sangat penting untuk memberi kesan modern pada dapur Anda seperti perpaduan warna off white, biru navy, dan emas. Pilihan lainnya adalah warna coklat kayu, hijau olive atau sage, bersanding dengan warna warm white.

Tentunya hal ini akan bergantung juga pada tema rumah Anda agar warna dapur juga selaras. Maka dari itu warna dapur dapat menyesuaikan dan dapat Anda konsultasikan kembali jika menggunakan jasa arsitek agar tercipta harmoni antar warna di ruangan-ruangan rumah Anda.

Source: pinterest

Rapi dan Simetris

Agar memberi tampilan yang rapi, bahan-bahan dapur dapat Anda tata dengan media penyimpanan yang simetris. Hal ini dapat tercapai dengan memasang rak kayu. Rak ini bisa jadi alternatif untuk bumbu-bumbu dapur dalam wadah toples-toples kaca yang memiliki tinggi merata. Sandaran kayu pada dinding dapur juga dapat digunakan untuk menaruh cangkir dan mangkuk Anda. Utamakan toples untuk bahan dapur yang berupa bubuk dan kering. Tidak lagi kebingungan melihat bumbu-bumbu dapur tercampur satu sama lain kan.

Source: pinterest

Rotan dan Bambu untuk Extra Storage

Selain kaca, penyimpanan rotan dan bambu juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan bahan dapur yang besar dan tidak muat dalam toples kaca Anda. Selain alami, bahan ini cantik dan populer dalam pengaplikasiannya di dapur-dapur modern. Anda dapat menggunakan media ini untuk menyimpan buku resep, buah-buahan, bumbu dapur botolan, tisu-tisu dan lap, maupun peralatan dapur.

Percantik Dapur dengan Dekorasi Tanaman

Beberapa tanaman dalam pot baik artificial maupun asli mampu membangkitkan nuansa hangat dan membuat dapur terlihat teduh. Mendekor dengan tanaman pot mempercantik dapur sekaligus memberikan kesan yang tidak kaku. Letakkan ditempat-tempat yang menonjol seperti meja dapur, dan berikan tananam pot dengan ukuran lebih besar di sudut-sudut kosong dapur.   

Less Is More

Dengan dibuat rapi dan memaksimalkan dinding-dinding dapur Anda, orang-orang rumah akan merasa lebih leluasa untuk melakukan aktivitas memasak mereka. Jangan jejali dapur dengan banyak bahan dan peralatan dapur yang tidak pada tempatnya. Berikan wadah agar Anda tidak susah mencarinya sekaligus membuatnya lebih terstruktur. Dekorasi juga jangan dibuat berlebihan dan usahakan meski Anda memerlukan banyak media penyimpanan, benda-benda itu tertutup dalam lemari dapur.  Kuncinya adalah agar memudahkan Anda saat membersihkan dapur. Dengan demikian dapur Anda praktis dan estetik disaat yang bersamaan.

Dapur Dimana Letak Kehangatan Keluarga Anda

Dapur wajib ada pada sebuah rumah. Rumah tanpa dapur terasa hampa. Selain ruang keluarga dan ruang makan, dapur adalah salah satu ruang bersama. Apalagi dapur juga ruang sosial tempat orang rumah berkumpul untuk memasak dan berkreasi. Maka dari itu penting untuk menjaga sisi estetika dan fungsional dapur karena memasak juga merupakan sebuah seni meracik makanan.

Pastikan saat menggunakan jasa arsitek, Anda memperhatikan poin-poin diatas agar dapur kebanggaan Anda nampak manis meski dalam keterbatasan ruang. Sudah memiliki rencana untuk membangun rumah dalam waktu dekat, Studio Jasa Arsitek Jakarta siap membantu Anda tuk realisasikan mimpi Anda dan keluarga. Hubungi kami melalui  email: [email protected] atau WA : +62812-8461-6788.