Sudah tidak diragukan lagi penggunaan vegetasi pada suatu hunian menambah nilai estetikanya. Banyak juga kalangan yang sengaja meminta agar desain rumah mereka memiliki space untuk garden dan tanaman-tanaman hias. Suasana yang asri dengan penempatan tanaman baik di luar ataupun di dalam rumah membuat hunian tampak lebih hidup. Selain itu, elemen hijau ini juga memberikan solusi alami untuk menyegarkan udara rumah Anda karena properti pada penghijauan ini mampu mengikat karbondioksida dan sumber polusi menjadi oksigen. Alhasil rumah akan lebih sejuk. Beberapa tanaman juga mampu menghadang penyakit seperti DBD lho. 

Yuk kita lihat selengkapnya untuk berbagai jenis tanaman hias yang bisa jadi inspirasi di rumah Anda dengan menyimak artikel ini.

Sri Rejeki (Aglaonema)

Source: Pinterest

Gampang-gampang ketir untuk merawat tanaman hias ini. Pasalnya tanaman ini harus mendapatkan cahaya yang cukup. Jika ruangan terlalu kering dan dipapar panas matahari terik saat musim panas daunnya juga akan cepat layu. Dengan demikian Anda harus segera memangkas daun yang telah menguning layu tersebut. Meski demikian, tanaman ini memiliki harmoni warna merah muda dan hijau yang cantik dengan karakteristik lonjong pada daunnya.  

Tanaman Lidah Mertua (Snake Plant)

Source: Pinterest

Kalau Anda tidak ingin ribet dalam perihal merawat tanaman, lidah mertua bisa jadi alternatif yang cocok. Untuk memelihara tanaman ini, Anda tidak perlu sering-sering menyiramnya dan tanaman ini juga tidak memerlukan media yang besar untuk tumbuh subur. Lidah mertua dapat bertahan dalam intensitas cahaya yang rendah maupun dalam paparan sinar matahari langsung bahkan menekan radiasi pada ruangan. Hebatnya, sanseviera memiliki kemampuan untuk menyegarkan dan memurnikan udara dalam ruangan Anda sebagai salah satu tanaman yang melepaskan oksigen di malam hari. Fungsi unik lidah mertua juga termasuk menetralisir bau tidak sedap. Sebagai tanaman hias, tampilan elegan corak sansevieria ideal untuk pelengkap desain interior dengan ciri khas ujung daunnya yang tajam.

Sirih Gading

Source: Pinterest

Jenis tanaman rambat ini sering dipajang dengan digantung dan tepat untuk pemula yang menginginkan penghijauan dengan perawatan mudah. Sirih gading mudah beradaptasi di berbagai suhu ruangan serta tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Daya tahannya yang kuat di berbagai kondisi membuatnya dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Sebagai tanaman hias, sirih gading sangat cocok diletakkan sebagai dekorasi indoor dan menambah kesan asri. Bentuk daunnya yang menyerupai hati dengan warna hijau cerah memiliki beberapa pilihan corak seperti jenis sirih gading emas, sirih gading marble queen, sirih gading neon, sirih gading jessenia, sirih gading cebu blue. Manfaat sirih gading diketahui dapat membantu menyerap bau yang dihasilkan zat kimia dari penyemprot serangga, parfum, dll sehingga dapat memberikan Anda asupan udara yang bersih.

Monstera

Source: Pinterest

Tanaman yang berkampung halaman di Meksiko dan Panama ini sangat populer di Indonesia sebagai dekorasi interior yang manis. Bentuk daunnya yang lebar dan glossy unik dengan lubang menciptakan suasana tropis di dalam rumah Anda. Selain itu, tanaman hias ini juga mampu ditempatkan pada lokasi dengan pencahayaan yang sedikit sehingga praktis dalam perawatannya. Monstera memiliki akar udara (aerial) yang digunakan tanaman ini untuk memanjat tanaman lain hingga mencapai ketinggian 70 kaki di atas tanah.

Kaktus

Source: Pinterest

Sudah sangat lumrah tanaman berduri ini dikoleksi banyak orang di Indonesia karena dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan yang ditempatkan pada pot-pot kecil. Kaktus sering kita temui di daerah dengan jumlah air yang sangat minim dan kering seperti daerah gurun. Durinya memiliki peranan besar sebagai modifikasi daun untuk fotosintensis dan mengurangi penguapan. Selain itu, duri kaktus mampu menangkap partikel-partikel polusi, debu, dan bakteri sehingga ruangan pun dapat tetap bersih.  Kaktus juga merupakan salah satu tanaman yang menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari dan menetralisir radiasi elektronik.  Banyak juga yang mengolah tanaman ini untuk keperluan kecantikan dan kesehatan. Tanaman hias kaktus mempunyai berbagai bentuk dan warna, bunga kaktus juga sangat cantik sehingga dengan menambahkan kaktus di ruangan Anda akan memberikan unsur alami.

Related: Tanaman Rambat untuk Taman

Berikan Warna Baru pada Rumah Anda

Berencana untuk mempercantik desain rumah Anda dengan tanaman hias? Jangan lupa untuk mengikuti rekomendasi Studio JAJ agar tidak kebingungan memilih varietas apa yang tepat untuk penempatan sebagai dekorasi maupun mengisi sudut-sudut kosong di rumah Anda.